Yayasan GCN Gelar Pelatihan First Aid dan Emergency Respon Plan Bersama PT Hitachi Energy Bali

Tim Yayasan GCN bersama peserta dari PT Hitachi Bali. Foto : Bastian, Doc. pojok literasi

Denpasar, pojok literasi- Yayasan Global Care Network (GCN) bekerjasama dengan PT. Hitachi Sakti Energy Indonesia melaksanakan kegiatan Training First Aid dan Emergency Respon Plan, berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 15 tahun 2008 yang mengatur tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Tempat Kerja (P3K). Berlokasi gedung Alamanda Bali, Jalan Bypass Ngurah Rai No.67 Office 3rd floor, Kedonganan, Kuta, Badung Regency, Bali. 

Diketahui, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari (19 - 20 Mei 2025), dihadiri puluhan peserta yang turut serta mengikuti rangkaian acara dalam pelatihan ini. 

Adapun, rangkaian kegiatan di hari pertama yaitu pemaparan materi tentang pertolongan Pertama pada kecelakaan dan pertolongan pertama pada kedaruratan medis. 

Lalu di hari kedua dengan pemaparan materi terkait, sebagai berikut :

1. Konsep dasar dan mitigasi bencana di gedung perkantoran, 

2. Penyusunan Struktur organisasi, peran, tanggung jawab dalam keadaan darurat (bahasan khusus utk tanggap darurat bencana kebakaran), 

3. Simulasi tehnik pemadaman api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dengan cara tradisional, menggunakan karung basah. 

GCN dalam pemaparan materi. Foto:Bastian, Doc. Pojok literasi

Zam Jamil, selaku CEO Global Care Network sekaligus pemberi materi mengatakan kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan suatu pemahaman, pengertian serta keterampilan dan pembekalan kepada seluruh karyawan. 

"Yang mana salah satu aspek perlindungan kerja yg wajib diberikan kepada staf atau karyawan dari perusahaan, tentunya dalam hal ini karyawan perlu pembekalan terkait dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang sudah sesuai dalam Permenaker yang mengatur tentang keselamatan kerja," ujar Zam Jamil

"Perlu kita ketahui, bahwa seseorang yang mengalami musibah atau kecelakaan itu ada rentan waktu atau biasa kami sebut adanya Golden Period atau Golden Time ini tidak lah lama hanya 4-6 menit, untuk itu kami memberikan suatu pembekalan, pengetahuan serta keterampilan kepada karyawan sehingga dapat memperkecil resiko dari kecacatan atau kematian," tambah Zam Jamil

"Diharapkan kepada para peserta ini dapat melakukan tindakan pertolongan pertama baik di lingkungan kerja atau pun juga di lingkungan masyarakat sekitar," harap Zam Jamil


Di kesempatan yang sama, Ramon, salah satu peserta yang hadir menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan secara keseluruhan baik. Para instruktur dalam penguasaan materi dan cara penyampaiannya pun mudah dapat dimengerti. 

"Secara keseluruhan baik, banyak ilmu ilmu yang didapatkan kepada kami dan banyak juga masukan dari instruktur (GCN-red) mengenai prosedur evakuasi yang harus di perbaiki disini," ujar Ramon

"Harapan kedepannya perlu di perbanyak lagi latihan latihan seperti ini untuk merefresh pengetahuan kami semua disini," Pungkas Ramon (Bazt

Lebih baru Lebih lama